LED Berbahan dasar Polimer Organik

Light emitting diode (LED) atau dioda penghasil cahaya adalah suatu divais semikonduktor yang memancarkan cahaya jika diberi tegangan maju. LED mempunyai keistimewaan dibandingkan lampu pijar biasa yaitu dari konsumsi energi yang lebih rendah dan tidak mengemisikan panas. Pada awalnya LED terbuat dari bahan-bahan semikonduktor anorganik seperti silikon, germanium, gallium arsenide, dan lain-lain. Berkat kemajuan dalam teknologi bahan, belakangan dikembangkan juga LED dari bahan semikonduktor organik seperti dari bahan polimer terkonjugasi atau dari bahan-bahan organik terkonjugasi lainnya.

Untuk menjembatani kejomplangan ilmu dan teknologi dibandingkan negara maju, kami mencoba melakukan penelitian kecil-kecilan dengan membuat divais LED dari bahan organik terkonjugasi MEH-PPV (poly[2–methoxy–5-(2 ethylhexyloxy) –1,4-phenylenevinylene]). Dalam penelitian ini, telah coba dilakukan peningkatkan kualitas kinerja LED dari bahan organik dengan melakukan optimasi parameter fabrikasinya. Fabrikasi film tipis MEH-PPV dilakukan dengan teknik spin coating dan menggunakan dua jenis pelarut yaitu toluen dan THF (tetrahidro furran). Untuk mengetahui kualitas film dan panjang gelombang emisinya, selanjutnya dilakukan pengukuran spektroskopi UV-Vis. Pengujian kualitas kinerja LED dilakukan dengan pengukuran kurva karakteristik I-V. Berdasarkan hasil pengukuran spektroskopi UV-Vis, panjang gelombang emisi rata-rata berada pada kisaran 600 nm yang bertepatan dengan emisi warna jingga. Hasil pengujian kinerja devasi LED dengan konfigurasi ITO/MEH-PPV/Al, memperlihatkan kinerja yang cukup baik. Kualitas kinerja terbaik LED diperoleh pada devais yang menggunakan film MEH-PPV yang difabrikasi dengan pelarut THF pada konsentrasi (w/w) 0,5%. Tegangan operasional rata-ratanya adalah 2,6 Volt dengan warna emisi jingga.

Sumber :  S. Hidayat, Bionatura Vol 10 No 1 Maret 2008

Tentang Sahrul

Agen herbal, Jahe merah Amanah, Aromatherapy Amanah
Pos ini dipublikasikan di Artikel Fisika dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke LED Berbahan dasar Polimer Organik

  1. Sahrul berkata:

    Ia juga sih kaya lotre kali ya, kadang apa yang sudah kita prediksi secara cemat pun, hasilnya sering mengecewakan. Tapi yah.. begitulah penelitian, apalagi eksperimen lebih banyak trial end error-nya. Tapi.. ya.. nikmati saja lah, memang begitulah hidup

  2. BISNIS MANDIRI berkata:

    Jika Anda mengantungkan diri pada keberuntungan saja, maka Anda membuat hidup Anda seperti lotere.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s