Pengalaman Eksperimen dengan Polimer Hibrid

Polimer hibrid merupakan salah satu kelompok bahan yang mengandung unsur organik dan anorganik dalam satu molekul. Kombinasi bahan tersebut diharapkan memunculkan sifat unggul dari masing-masing penyusunnya. Kita ketahui bahwa bahan organik memiliki sifat unggul dalam proses fabrikasinya karena dapat dilakukan pada suhu ruang dan tidak membutuhkan teknologi yang mahal. Namun bahan tersebut memiliki kelemahan dalam kekuatan mekanik dan kestabilan termal. Sebaliknya untuk bahan anorganik, ia memiliki kelebihan dalam kekuatan mekanik dan kestabilan termal tetapi proses fabrikasinya cukup sulit dan mahal. Nah, kombinasi dari kedua bahan tersebut diharapkan memunculkan karaktersitik baru yang unik dan menguntungkan untuk kepentingan aplikasi.

Kami melakukan kajian aplikasi polimer hibrid tersebut sebagai divais laser yang berbasis kristal fotonik. Polimer hibrid dalam hal ini berfungsi sebagai resonator yang dalam sistem laser konvensional menggunakan sepasang cermin sejajar (cermin Fabry-Perot). Dengan demikian sisem laser ini tidak lagi menggunakan cermin sehingga dapat mereduksi ukuran divais laser menjadi beberapa mikro saja. Polimer hibrid pada dasarnya sama dengan kaca/gelas yang biasa kita lihat sehari-hari. Secara kimia juga unsur penyusunnya sama, hanya pada polimer hibrid terdapat cantelan bahan organik pada salah satu tangan dari ikatan silikonnya. Hal tersebut menyebabkan polimer hibrid mudah berinteraksi dengan bahan-bahan organik lain. Nah dalam hal ini, kami melakukan kajian menambahan bahan organik laser ke dalam polimer hibrid dan mengkaji sifat-sifat fisisnya. Selain itu ada sifat unik lain dari polimer hibrid yaitu dalam keadaan prekursor ia berfasa gel dan dapat diubah menjadi fasa padat dengan bantuan cahaya. Berbekal sifat tersebut, selanjutnya kami coba membuat pola-pola cahaya dengan metode interferensi seperti yg dipelajari di fisika dasar. Alhasil kami bisa mengubah fasa pada polimer hibrid mengikuti pola cahaya yang terbentuk. Berbekal konsep tersebut akhirnya kami dapat membuat grating yang selanjutnya digunakan sebagai media resonansi optik untuk produksi laser.

Kami mencoba menuliskan tahap demi tahap dari pengalaman kajian tersebut dalam Buku yang berjudul Prinsip Dasar Laser Polimer Hibrid. Bagi yang ingin membaca secara lengkap isi buku tersebut dapat di klik disini.

Tentang Sahrul

Agen herbal, Jahe merah Amanah, Aromatherapy Amanah
Pos ini dipublikasikan di Artikel Fisika dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s